Realisasi Hybrid Pedalboard

20150620_074958

Sebagai bassist yang terkadang memainkan gitar, saya butuh sebuah setup effect yang dapat digunakan baik pada bass ataupun pada gitar. Oleh karena nya saya mulai menyusun pedalboard dengan pedal efek yang dapat beroperasi pada range frekuensi bass dan gitar.

Di mulai dengan pemilihan pedal distorsi, saya memilih Boss MD-2, atas saran seorang teman yang pernah bereksperimen dengan bass pada boss MD-2.

MD2Boss MD-2 merupakan efek distorsi gitar yang dapat mengakomodir nada low pada bass. Boss MD-2 di desain untuk gitar senar 7 dengan nada low B, hal ini yang menyebabkan MD-2 juga cocok di gunakan pada bass, karena ada knop botom yang akan menyediakan low end pada sound bass.

Untuk pedal Filter saya memilih Mooer Bass Sweeper, bass sweeper ini merupakan dynamic filter seperti pedal filter lainnya, namun yang membedakan adalah bass sweeper ini memiliki switch clean dan fuzz untuk memberikan pilihan suara antara clean dan fuzz, moeer bass sweeper memiliki range frekuensi yang luas sehingga dapat digunakan pada bass dan gitar.

20141016173864636463

clean : pada mode clean, kekuatan dynamic filter meningkat seiring dengan kekuatan kita memmetik senar

fuzz : pada mode fuzz, fuzz menambahkan high frekuensi sehingga efek filter lebih terangkat lagi.

untuk modulasi saya memilih Nux Mod Core, Nux Mod Core merupakan multiefek modulasi seukuran stompbox yang terdiri dari 8 efek modulasi yaitu Chorus, flanger, phaser, tremolo, rotary, pan, u-vibe dan vibrato.

120715112032walaupun saya lebih senang bermain dengan distorsi dan phaser, pemilihan nux mod core ini dapan memberikan pilihan efek lain terutama ketika saya bermain dengan gitar, saya dapat menggunakan chorus, phaser atau flanger ketika bermain clean.

dengan Frequency response:20Hz-20kHz ±1dB Nux Mod Core dapat digunakan pada bass dan gitar.

pada bagian akhir saya memilih menggunakan Headphone amplifier, blender plus DI box buatan amtech

wpid-img_20140526_163047-1penggunaan headphone amplifier adalah untuk silent practicing, saya lebih sering menggunakan headphone bila memainkan bass dan gitar di rumah

alur sinyal pedal board adalah sebagai berikut

hybird layouthybird blok diagramdan aplikasinya

20150620_170615[1]

Hybrid pedalboard on guitar

20150624_222737[1]

hybrid pedalboard on bass

IMG_20150625_214430[1]

hybrid pedalboard on bass

One thought on “Realisasi Hybrid Pedalboard

  1. Pingback: Hybrid Pedalboard Update | guitar buntung

Leave a Reply

