CREATE YOUR OWN SOUND

“gan ane baru beli efek bass driver, mau nanya, kalo pengen dapet sound kaya bassist nya band anu, pake alat ini gimana ya setting nya?”

atau

“buat suhu master disini, tolongin ane donk, kalo mau dapetin sound bassist anu, mesti beli efek apa aja ya?”

mungkin kita sering lihat di forum forum musik, beberapa orang ingin mengikuti sound artis idolanya, dengan segala cara, sampai sampai dengan membeli semua peralatan yang digunakan oleh artis idolanya, dari instrument, pedal effect sampai ampli yang digunakan pun sama. namun terkadang sound yang di inginkan tidak didapatkan.

melaui tulisan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman, bagaimana menciptakan sound bass idaman, bukan bermaksud menggurui namun tulisan ini bisa dipakai sebagai guide untuk bassist pemula sehingga tidak terjebak dalam pencarian yang tak berkesesudahan.

langkah pertama

maksimalkan panca inderamu; dengarkan dan kenali sound bassist idolamu, lihat teknik bermain nya, bahkan bila anda beruntung anda dapat melihat jenis effect dan parameter setingan yang dipakai. dengan kombinasi mendengar dan melihat sangat membantu anda dalam mencapai sound idaman.

langkah kedua

trial & error;instrument, effect dan ampli sangat berpengaruh dalam pembentukan sound, trial and error sangat mengasyikkan disini, anda dapat merasakan respon pedal anda pada jenis ampli berbeda. atau anda dapat saja menggunakan pedal sejenis dengan merek berbeda, dan parameter setting yang digunakan pun akan sedikit bergeser dari yang anda lihat.

langkah ketiga

dengarkan dan bandingkan; dengarkan sound hasil “kulikan” anda dan bandingkan dengan sound idola anda, minta bantuan teman anda untuk menilainya, bila dirasa masih belum dapat, kembali ke langkah ke dua.

langkah keempat

cari referensi; zaman sudah semakin berkembang, sudah banyak tutorial baik tulisan maupun video yang mengulas sound artis idola, perhatikan parameter setting nya, lalu sesuaikan dengan gear anda.

langkah kelima

maksimalkan gear anda;urusan sound itu ada di hati dan di jari, tidak ada aturan yang mengharuskan menggunakan gear yang sama persis dengan idola anda, yang anda harus lakukan adalah mainkan peralatan anda dan maksimalkan.

Perlu diingat bahwa dalam menciptakan sound signature anda sendiri adalah semua yang berhubungan dengan ekspresi artistik diri anda sendiri . Ini tentang mereproduksi suara yang sudah ada dalam pikiran Anda . Good luck to “CREATE YOUR OWN SOUND”

tulisan ini terinspirasi dari :

Originally Posted by Steve Lukather (June 2001)
“I’m afraid with any gear you won’t sound like me, really even if you DID have the exact gear you wouldn’t. People think it’s the amp and guitar that get the sound… Well, it is not. It HELPS to have great gear but we all sound the same thru any gear. I have played thru EVH’s amps, I played Jeff Becks Strats… I still sound like me playing thru their gear! Hahaha, that’s the way it is. Just groove and sound like yourself and have FUN!!!”

3 thoughts on “CREATE YOUR OWN SOUND

  1. Trial n error erat kaitanny dengan virus GAS karena dengan pengalaman sendiri dan gear sendiri jadi bisa tau persis tentang alat2 yg dipakai, karena belum tentu hasilnya sama dengan review di yutup karena perbedaan gear.
    Tapi ya itu prosesnya sangat mahal dan lama ( nabungnya ) 😂😂
    Tapi hasilnya tentu bisa di sharing dgn tmen2 musisi yg lain.

    • kalo saya triknya beli multiefek dulu mas…
      cari multiefek yang parameternya lengkap, misal zoom G3/B3
      jadi tiap jenis efek bisa di set mirip aslinya, karena parameter yang bisa diseting mirip aslinya
      setelah puas dan tau arah soundnya kemana, baru beli stompbox
      multiefeknya jangan dijual..bikin 2 pedalboard, satu isinya stompbox, satunya lagi multiefek..
      terkadang kalo lagi pake stompbox kangen multiefek
      kalo lagi pake multiefek pengen injek stompbox hehehe

      • Iya saya jg sperti itu, tp setelah tau jenis2nya malah semakin penasaran karena banyaknya efek sejenis dgn merk dan karakter berbeda-beda yg ada malah coba2in merk lain hanya utk cari preamp yg cocok buat gear kita….ujung2nya tetep GAS 😂😂😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s