MERANGKAI EFEK DI PEDAL BOARD (BAGIAN 1)

Melanjutkan tulisan saya tentang efek gitar disini  ,ternyata mendapatkan respon yang cukup positif, nah dalam tulisan berikut saya mencoba membahas tentang penyusunan pedal efek dalam pedal board, memang tidak ada urutan bakunya, namun tulisan ini bisa dipakai sebagai guide untuk gitaris pemula sehingga tidak terjebak dalam pencarian yang tak berkesesudahan.

ok saya asusmsikan pembaca tulisan ini sudah memiliki beberapa pedal efek atau berencana membeli beberapa pedal efek untk memperkaya sound gitar yang dihasilkan, membuat ciri khas lagu yang akan diciptakan, dan terlihat gagah di panggung. Dalam pemilihan jenis pedal efek yang akan kita rakit atau beli, kita harus berdasarkan genre musik yang kita mainkan, tidak mungkin seorang gitaris jazz menggunakan pedal distorsi high gain yang di set full distorsi, begitu juga sebaliknya, seorang gitaris metal head gak akan menggunakan pedal accoustic simulator sepanjang aksi panggung nya.

Penyusunan efek di pedal board lazim nya berurutan secara seri, dimulai dari pedal wah wah, dynamic/filter, OD/Dist/Fuzz, Equalizer, modulasi, dan terakhir efek waktu delay/reverb. Namun sekali lagi saya tekankan urutan ini tidaklah baku, sesuaikan dengan selera anda, trial and error sangat mengasyikkan disini, anda dapat merasakan respon pedal distorsi anda bila di taruh setelah pedal equalizer atau sebaliknya, atau anda dapat merasakan sensasi compressor setelah overdrive, semua kemungkinan itu terbuka lebar untuk menghasilkan kombinasi sound yang luas.

DASAR

Namun bila anda adalah seorang rocker dengan gigs reguler setiap minggu, mungkin setingan ini dapat dipakai, dengan menggunakan ampli yang telah disediakan panitia di panggung, anda cukup membawa 4 pedal saja, sebuah wah wah pedal untuk menambah aksi lead anda, compressor yang dapat di set untuk menambah sustain lead anda, atau di set ‘tight’ untuk kekuatan rhythm, pedal overdrive atau distorsi kesayangan, dan tak lupa sebuah pedal delay untuk memuluskan sound lead anda, apasalahnya di coba.

METAL

SERIES ATAU PARAREL?

Pertanyaan yang sering keluar dibenak kolektor pedal adalah lebih enak mana antara rangakaian pedal efek seri atau pararel? kembali ke atas, semua sesuai kebutuhan anda sebagai gitaris. Atau memang anda telah terlanjur membeli begitu banyak pedal efek dan sayang untuk melepasnya, hey mengapa tidak anda rangkai semuanya secara seri dalam pedal board

SERIES PEDAL

atau memang pedal anda sudah sebegitu banyaknya, rangkai saja semua

LENGKAP

namun ada kalanya kita merasa bosan akan sound yang dihasilkan, biasanya dimulai dari kebosanan akan sound OD/Dist yang dihasilkan pedal, dan anda mulai mengidam idamkan sound Distorsi dari sebuah ampli tabung, atau mungkin juga karena kebutuhan akan kekuatan ampli tabung untuk beberapa gigs dengan panggung yang lebih besar. Berarti ini saatnya untuk menggunakan rangkaian pedal secara pararel dengan ampli, bisa kita simak gambar berikut

PARAREL

pada rangakaian pararel diatas adalah untuk menonjolkan karakter dari drive yang dihasilkan oleh ampli, bisa kita sama sama lihat, sinyal dari gitar melalui pedal wah, diratakan oleh compressor, sehingga drive yang nantinya dihasilkan oleh head ampli akan lebih padat/tight, kita juga dapat menambahkan clean/gain booster untuk meng-crank lagi(crank up) atau menendang lagi sound yang dihasilkan ampli, pengguanaan clean booster untuk mengangkat volume drive ampli tanpa merubah karakter sound drive ampli, sedangkan penggunaan gain booster untuk menguatkan karakter atau memberi warna(coloring) sound drive ampli tersebut.

pemanfaatan line send and return pada ampli untuk rangkaian pedal equalizer, modulasi, delay dan reverb, sedangkan pengguaan pedal volume hanya sebuah opsi lain saja.

Pada akhir tulisan ini, saya hanya bisa berpesan, tidak ada aturan baku mengenai urutan dalam effect chain, dan tidak ada aturan mengenai merek pedal yang harus di pakai, yang anda lakukan adalah mencoba dan memaksimalkan gear anda. feel free to ask

sampai ketemu di lanjutan tulisan ini

2 thoughts on “MERANGKAI EFEK DI PEDAL BOARD (BAGIAN 1)

  1. Pingback: MERANGKAI EFEK DI PEDAL BOARD (BAGIAN 2) | guitar buntung

  2. Pingback: GUITAR EFFECT (cuma untuk membuat suara berisik ini) | guitar buntung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s