ROCK BASS

Image

sebagai bassist pastinya saya pernah atau bahkan sering sekali memainkan musik rock, ya musik rock adalah sebuah genre musik yang membuat saya memutuskan untuk memainkan alat musik bersenar enam, sebelum saya patah arang dan menguranginya menjadi empat senar.

ok cukup curcol nya, pada tulisan ini saya tidak akan membahas kehebatan para bassist yang telah mendunia, saya tidak akan memahas tentang gear yang digunakan, saya hanya akan membagi pengalaman saya tentang sound bass pada musik yang selama ini saya mainkan, mungkin bukan hal yang cukup penting, namun untuk beberapa bassist pemula mungkin tulisan ini dapat membantu sebagai panduan dasar dalam memilih efek bass untuk sound idaman anda.

Rock bass

dalam bermain musik rock, pemain bass memegang peranan penting dalam menciptakan groove sebuah lagu bersama hentakan drum, selain itu bass juga dapat menjaga rhythm saat sang gitaris bermain melody. efek yang digunakan pada rock bass biasanya compressor/limiter(optional), Drive/Distortion/fuzz, envelope filter, Phaser/Flanger(optional), bass chorus, splitter/blender(jika anda menggunakan efek gitar, dan menggunakan beberapa channel) bass EQ, dan Preamp + DI box. dan selanjutnya kita akan membahas kegunaan serta fungsi beberapa efek pedal dalam pembentukan sound rock bass.

Compressor/Limiter

sesuai jenisnya compressor/limiter adalah efek dinamik, dimana fungsinya adalah untuk membatasi/meratakan sinyal dari pickup bass anda, sangat berguna untuk pemain bass pemula yang picking/fingering nya belum stabil, dan dapat membuat sound bass anda terdengar lebih rapat dan padat.

Image

note: terkadang kita tergoda untuk memutar knop comp atau threshold sampai maximal, hey mengapa tidak atur sewajarnya dan mainkan bass mu seperti biasa, biarkan compressor bekerja.

DRIVE

Dalam memilih efek bass ataupun gitar sangat di sarankan untuk memilih efek drive terlebih dahulu, baik itu dari pedal ataupun drive ampli, namun dalam aplikasi efek drive pada sound bass tidak se extreme di gitar, dalam drive bass sound low asli bass tetap ditonjolkan, ini sebab mengapa pada pedal efek bass biasanya di sediakan knop balance/blend/mix.

Imagedistorsi dan fuzz juga sering digunakan oleh beberapa pemain bass, sesuaikan dengan selera anda. namun beberapa pemain bass beranggapan penggunaan drive dapat merusak sound bass, ya silahkan saja, toh masalah selera tidak dapat dipaksakan. penggunaan drive sanggat membantu untuk membentuk sound bass yang powerfull, dan sangat berguna bila di dalam band anda mengunakan formasi satu gitaris, sehingga sound bass anda dapat mengisi kekurangan rhythm saat sang gitaris memainkan lick melodi.

envelope filter

pedal enpelove filter untuk membantu membentuk sound bass, dimana envelope adalah bentuk dari sinyal bass, bila di kenakan filter yang dapat di geser sesuai rentang frekuensi tertentu maka kita dapat memilih frekuensi mana yang akan di bosst (perkuat), di cut(potong/hilangkan) atau di buat flat, sound khas dari pedal envelope filter seperti suara bebek (wawk)

Image

Imagepedal envelope filter dibagi menjadi dua, sesuai dengan cara pemrosesan sinyalnya, pertama adalah envelope folower, pada envelope folower dimana sapuan/swep nada yang terkena efek tergantung dari kekuatan sinyal saat nada dipetik, sedangkan yang kedua adalah LFO(low frequency oscilator) dimana sapuan/swep nada yang terkena efek dapat di set sesuai keinginan pada rentang LFO.

Phaser/Flanger dan Bass Chorus

Phaser, Flanger dan bass chorus adalah efek modulasi yang sering digunakan oleh bassist, pada chorus sinyal bass di copy dan di doubling dengan delay waktu dan pengulangan yang dapat kita atur, rate dalam chorus adalah mengatur kecepatan LFO dari sinyal bass yang terkena efek, sedangakan depth mengatur tebal tipis nya sinyal yang terkena efek chorus. beberapa pedal chorus menyediakan tipe chorus, dari analog, digital, mono dan stereo chorus.

Image

Efek Flanging ditemukan oleh Les Paul di tahun 1940-an . Sambil memutar dua gulungan kaset reel-to -reel  secara bersamaan , ia menyentuh salah satu gulungan pada flange nya .  salah satu gulungan tape  melambat dan menyebabkan suara flanging . Beberapa tahun kemudian , ia merilis lagu Mammy Boogie menggunakan efek Flanger dalam rekaman untuk pertama kalinya .

pedal efek flanger memiliki prinsip kerja yang mirip dan sama dengan chorus dengan waktu delay yang berbeda dan  dapat menciptapkan sound pesawat jet yang bergulung.

sedangkan phaser sangat mirip dengan flanger, namun dalam pedal phaser pemrosesan sinyal berbeda, pada phaser sinyal audio di-copy , sinyal asli dibiarkan lewat . Sinyal yang di-copy tadi kemudian di geser phase nya dalam  siklus bergerak maju atau mundur . dan di akhir efek ini kedua sinyal digabungkan kembali. rate dalam phaser untuk mengatur kecepatan dari LFO.

kebanyakan bassit menggunakan chorus untuk menebalkan sound bass mereka, dan menggunakan flanger/phaser yang dikombinasikan dengan overdrive untuk menambah keren sound bass.

Splitter/Blender dan looper

bila anda cocok dengan sound pedal efek gitar, sedangakan anda adalah seorang bassit, gunakan saja spliter dan blender sehingga anda dapat mengguakan pedal efek gitar pada sound bass anda

Imagecaranya adalah dengan membagi/split sinyal dari bass, misal kita bagi dua sinyal, yaitu A dan B, sinyal A langsung diteruskan ke ampli bass tanpa di poles efek apapun, sedangkan sinyal B di lewatkan ke beberapa rangkaian efek, kedua sinyal ini A dan B lalu di atur kadarnya dengan efek blender, misal sinyal A 40% dan sinyal B 60% atau sesuai selera anda, sehingga sinyal asli bass dapat tetap diteruskan ke ampli, dan dapat “tembus” terdengar.mini setup

sedangkan pedal looper adalah untuk memilih beberapa line signal efek yang ada, atau bahkan sebagai penyedia sinyal dry/asli dari bass bila dia menggunakan pedal efek gitar dalam rangkaian pedal board nya, berikut contoh skema diagram penggunaan pedal looper

looper

Bass Equalizer

ImageEqualizer digunakan untuk tone shaping, tersedia dalam bentuk grafik equalizer maupun parametic equalizer, pada rock bass formasi equalizer adalah dengan sedikit mengangkat frekuensi mid. hati hati karena EQ ini terdapat pada bass(knop tone), pedal efek dan ampli(knop tone, high, mid, low), terkadang pemain pemula terlalu bernafsu dalam menset EQ sehingga terjadi over EQ yang membuat sound bass malah “berantakan” dan kehilangan power nya

Preamp + DI box 

biasanya pada pedal bass preamp selalu dikombinasikan dengan DI box, memang pedal ini sangat berguna dalam menciptakan sound bass yang sangat powerfull. pedal preamp sejatinya adalah seperti preamp section pada ampli bass, pedal preamp ini dapat di hubungkan langsung ke input ampli ataupun ke send and return ampli, dan juga dapat langsung ke mixer dengan bantuan DI box. pada pedal Preamp biasanya disediakan drive/dist ataupun disediakan pilihan chanel clean dan drive/dist.Image

beberapa pedal preamp juga menyediakan effect loop untuk mengabungkan fungsi dari pedal lain, seperti pada ebs microbass 2 yang skema nya dapat kita lihat dibawah ini

ebs microbass diagrammicrobassII_front

dan pada akhirnya setelah beberapa pembahasan pedal pedal diatas, anda dapat mulai memainkan bass anda dan menyusun palet palet sound efek anda.

bahasan pedal bass lengkap disini

14 thoughts on “ROCK BASS

    • Mengapa menggunakan perangkat yang sangat banyak bro, telah muncul sebagai komik yang signifikan??

      wuahahaha… semakin banyak kan jadi bisa dipilah pilih mana yang cucok bow..

      • iku perkara gampil mun gawe rangkaian dhewe…

        ampli bisa sewa distudio, tapi biasanya kondisi ampli yg dipake orang banyak ya memprihatinkan, pedal efek opsi sangat logis ketimbang harus membawa bawa ampli yg segede gaban ke mana mana.. dan dengan pedal efek kita dapat mengatur sound sesuai keinginan dengan sedikit pengaruh dari ampli

  1. Pingback: GUITAR EFFECT (cuma untuk membuat suara berisik ini) | guitar buntung

  2. Saya tertarik dengan preamp bass ebs microbass,ada fitur fx loop nya…apakah itu termasuk blender? Kalo saya masukkan efek gitar di fx loopnya bisakah saya blend dengan sinyal asli bassny sehingga gak loss nada low nya ?

    • kalo liat di manual book nya sih bisa mas

      You can now dial in two different sound on the A and B
      channels respectively. By engaging the A+B mode switch you
      may now dial in your basic sound on channel A, and when
      selecting B you will add the B to the A channel. This is useful
      for overdriven sounds and lead playing. Both LED’s will now
      light.

      EFFECTS LOOP– EBS MicroBassII is provided with an effect loop for
      the use of external units such as box or rack effects.

      FX MIX- Controls the amount of effect, all from 0% up to 100%. When
      set to 100%, the effects loop is purely serial, and when the effects blend is
      50%, the effects loop works in parallel mode.
      The effect loop is put before the balanced output, so the effect signal will
      be present at the balanced output.

      nih ada skema diagram alir sinyal nya dari ebs, saya ambil dari manual book nya

      nada low dri bass bisa diambil dari chanel A atau B, nah terus effect gitarnya masuk ke effect loop. dan set mix dibawah 50%

  3. Pingback: Bass Pedal Effect | guitar buntung

  4. Pingback: Wobble Bass Live | guitar buntung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s