REVIEW : ERV MICROBUSTO

REVIEW : ERV MICROBUSTO


microb

ERV MICROBUSTO sejatinya adalah sebuah preamp booster, namun menurut pembuatnya dalam situs ERV pedal , microbusto ini adalah sebuah pedal booster dengan nuansa overdrive

setelah mendapatkannya 8 hari yang lalu, saya cuma memandang mandang pedal microbusto ini, lalu membongkarnya dan melihat jeroan nya, dan setelah itu mengontak mas Hary ERV mengucapkan terimakasih dan bertanya beberapa hal mengenai microbusto ini. setelah itu meletakkan pedal ini kedalam kotak nya dan menaruhnya di lemari…

 DSC_0036_zps80b0cbda

sampai hari ini(setelah 8 hari) baru iseng mencoba microbusto, dan WOW… gak menyangka apa yang dihasilkan oleh pedal sederhana ini.

ok cukup basa basinya, mari kita bahas pedal kecil yg dahsyat ini.

Konstruksi
microbusto dibalut casing diecast 1590A, sangat compact dan kokoh, sebuah switch 3PDT logam, knop chicken head transparan dan dua buah jek model MXR menambah kesan kokoh pedal ini. solderan pun tertata rapi menambah kesan kuat alur alur tegas pada PCB nya.

Finishing
jujur banget, finishing polos adalah salah satu hal yg membuat males mencoba pedal ini..sumpah deh


Sound
ternyata selain sebagai volume booster, microbusto ini adalah sebuah pedal overdrive yang transparant, saya mencobanya dengan gitar buntung scale 24”, kayu mahogany dan pickup EMG85, dengan alur sinyal : Gitar –> Microbusto(knop arah jam 12)–>vox amplug Bass–>headphone, dan OMG bener kata mas Hary, tone gitar terdengar begitu jelas. semakin penasaran saya putar knop ke arah jam 3, disini mulai terdengar drive nya, dan akhirnya tambah penasaran, saya putar knop ke arah jam 5, drive nya semakin bertambah, namun artikulasi nada tidak hilang, mungkin ini yg disebut orang sebuah drive yang transparan.

tunggu dulu… saya teringat komen mas Iga di blog nya  bahwa pedal microbusto bisa juga untuk bass, langsung saya ambil bass saya, dengan spek, kayu mahogany, konfigurasi pickup jazz bass EMG JHZ.. kembali saya pasang dengan alur sinyal :Bass –> Microbusto(knop arah jam 12)–>vox amplug Bass–>headphone.. ternyata benar volume bass terangkat dan artikulasi nada tiap senar makin terdengar jelas, saya putar knop ke arah jam 5, drive yang dihasilkan masih transparant dan sound LOW nya tembus, persis seperti pedal bass overdrive.

keisengan saya bertambah, saya ambil pedal behringer BSY600 dan saya rangkai Bass –> Microbusto(knop arah jam 12)–>BSY600–>vox amplug Bass–>headphone. ternyata microbusto dapat membuat sound synthetis BSY600 menjadi lebih gagah dan berwibawa, jadi semakin gak sabar untuk membawa pedal mini ini ke studio

1469852_10152108638812164_1715818826_n

kesimpulan
Don’t judge a book by its cover, mungkin itu hal yg bisa digambarkan untuk menilai pedal microbusto, dibalik penampilan polosnya, dibalik kesederhanaan nya, dibalik mungil casingnya tersimpan power yg besar.

sekian review dari saya, semoga bermanfaat, dan mohon maaf bila bahasa yang digunakan kacaw balaw

Formasi pedalboard dengan microbusto

new settup1hhwfhh3mbmwbd

iseng di pasangin stiker lah, biar gak ditanya orang melulu “itu pedal apa?”

micro bust

 

bersama pedal lainnya di PB hybrid

20160108_010025

Leave a Reply

