SETTING BASS SEDERHANA (bagian 2)

lanjutan dari sini

Artikel mengenai setting bass mendapatkan respon yang bagus, namun masih ada beberapa pertanyaan mengenai hal teknikal, contohnya pemakaian alat ukur dan membaca alat ukur.

ok kita bahas satu per satu

mengecek relief neck

feeler

memeriksa relief neck dengan feeler gauge

alat ukur yang digunakan adalah feeler gauge

feeler

feeler gauge

feeler gauge adalah lembaran/bilah besi dengan ukuran tertentu (biasanya 0.03 – 1 mm), cara penggunaaannya adalah dengan menyelipkan feeler gauge pada celah yang akan kita ukur dan rasakan gesekan antara celah yang diukur dengan feeler gauge, mungkin ini kenapa disebut feeler gauge karena memang harus menggunakan feeling ketika menggunakannya (nama aslinya adlah thickness gauge), pada bass yang diukur adalah celah antara senar dan fret ke 7. (lihat gambar diatas)

namun bila kita tidak memiliki feeler gauge kita dapat menggunakan kartu nama atau kalau dirasa masih kurang kita dapat menambahnya dengan kertas HVS

kartunama_0

ukuran kartu nama adalah sekitar 0.30 mm

mengukur ketinggian senar dan pickup

 

pada saat mengukur tinggi pickup, alat yang digunakan adalah penggaris/mistar besi

8699748_26e6afab-530b-4332-b5b6-544d052775e8

mistar/penggaris besi dengan skala mm dan inch (32)

bila anda menggunakan bass fender, tinggi senar pada fret ke 17 adalah 6/64 inch atau 2.38 mm. untuk penggaris dalam skala inch sedikit unik cara membacanya, Dalam skala inch kita liat skala 1 inci nya, ada berapa garis dalam 1 inch, misal dalam 1 inci ada 64 garis, jadi 6/64 artinya ada 6 garis dalam skala 64. semakin besar sekalanya maka semakin tinggi tingkat ketelitiannya.

contoh pada gambar penggaris diatas, menggunakan skala 32, itu berarti dalam 1 inch dibagi menjadi 32 baris. nah bagaimana jika ukuran 6/64″ dalam skala 32, ini sama seperti pelajaran di sekolah dasar, dengan menyederhanakan pecahan 6/64 adalah sama dengan 3/32.

IMG_1096

skala inch

contoh lagi ukuran 7/32 artinya ada 7 garis dalam skala 32, atau, misal 1/4 inch itu sama dengan 8/32 inch Dan 1/2 inch itu sama dengan 8/16 inch

sedangkan untuk ketinggian pickup ukurannya dapat mengikuti tabel berikut, dengan cara pembacaan yang sama

pickup height

semoga membantu

Advertisements

Review Preamp EMG BTC Control & BTS Control

btc-control

EMG BTC Control

bts-control

EMG BTS Conntrol

 

Preamp bass Onboard keluaran EMG ini merupakan preamp 2 band, BTC maupun BTS memiliki sirkuit yang sama, yang mebedakan adalah di konfigurasi potensiometernya, BTC menggunakan stacked potensiometer dan BTS menggunakan separate potensiometer.

btc bts

Skema BTS & BTC

Hadir dengan metode pre-wired system memudahkan instalasi.

btc vol

Instalasi BTC

bts vol

Instalasi BTS

 

Spesifikasi BTC & BTS

Input Impedance (Ohms)                                        1 MegOhm
Gain/Attenuation/ Frequency Bass Control         +/-12db/20Hz.
Gain/Attenuation/ Frequency Teble Control       +/-12db/(Adjustable).
Input Referred Noise                                               -120dbV.
Output Impedance (Ohms)                                      2K.
Recommended Supply Voltage                               18 Volts.
Current @ 9V/18V (Microamps)                             600/740.
Battery Life (Hours)                                                 750.
Maximum Supply (Volts DC)                                  27 Volts.

 

fitur lain

BTC & BTS memiliki fitur tambahan yang memungkinkan Anda memilih 4 jenis Kurva high freq dari sound yang dihasilkan yang dapat dipilih melalui kombinasi dua dip switch pada preamp ini. Fitur ini sangat bagus  terutama jika Anda Menggunakan BTC & BTS dengan pickup pasif.

dip switch btsbtc

Plilihan high freq pada BTC dan BTS

favorit saya adalah kombinasi switch 1 off/2 on.

untuk pemasangan preamp ini juga tidak sulit, saya memasangnya pada Jager (BTC) dan Betmen (BTS)

jager btc

Jager menggunakan EMG BTC dengan tambahan active passive switch

betmen bts

Betmen menggunakan EMG BTS dengan tambahan active passive switch

Pro :

  • setting sound simple (hanya bass dan treble)
  • bisa beoperasi pada 9 dan 18 volt
  • low noise
  • memiliki 4 pilihan high freq sound
  • instalasi mudah, karena menggunakan sistem pre-wired

kontra :

  • setting dip switch tidak praktis (harus membuka plate/cover potensiometer pada bass)
  • tidak ada middle freq

 

kesimpuan :

jika anda mencari preamp onboard yang simple dan pemasangannya mudah, BTC dan BTS adalah solusinya.

 

 

18 wiring.jpg

wiring 18 volt

Memasang active passive switch pada preamp EMG BTS control

IMG_1006

Memasang preamp EMG BTS pada bass Betmen, dengan konfigurasi aktif-pasif switch, sehingga konfigurasi pasif adalah volume dan tone (kenop atas) dan aktif adalah volume – bass – treble

 

siapkan alat dan bahan

IMG_1009

Preamp EMG BTS

DPDT11

DPDT mini toggle switch

IMG_1159

Potensiometer volume dan tone beserta capacitornya

IMG_1166

Female Jack TRS (stereo)

Lalu rangkai mengikuti  skema berikut

IMG_1007

 

 

 

modifikasi toggle switch on/OFF/on menjadi on/ON/on

 

ceritanya lagi nyari switch toggle buat bikin coil split pada humbucker…
tapi di toko elektronik deket rumah adanya toggel switch on/OFF/on
padahal butuhnya toggel switch on/ON/on yang jarang ada di toko elektronik deket rumah, ada juga di internet dan harus order, bah satu biji toggle switch aja lama n ribet…

akhirnya dengan modal nekat dan sok tau mending di modif aja dah

nih gambar switching toggle switch on/OFF/on sama on/ON/on.. kita modif jadi yang tipe 2 atau tipe 3

IMG_0990

 

alat dan bahan
alat obeng kecil, tang, kunci inggris
bahan
mini toggle switch on/OFF/on Harga rp 2000 – 3000
toggle switch on/OFF/on Harga rp 5000 – 7000

IMG_0991
murah kan??? bayang pun kalo beli toggle switch toggle switch on/ON/on Harganya bisa sampai 25 ribu atau malah ada yang sampai 50 ribu

oke pertama siapkan alat dan bahan

lalu kita mulai eksekusi, membongkar switch tersebut dengan obeng kecil

 

lanjut….ambil contact plate switchnya lalu bengkokkan dengan tang dan kunci inggris

IMG_0995

perbandingan sudut contact nya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini
yang atas belum di bengkokkan, yang bawah sudah di bengkokkan
IMG_0996

selanjutnya
lakukan pembengkokan contact plate yang kedua namun pada sisi yang berlawanan, ingat sisi yang berlawanan

setelah itu rakit kembali toggle switch… ingat sekali lagi pemasangan contact plate berlawanan ya…ingat

setelah itu coba switching dengan multi tester, apakah konfigurasi switch sedah berubah dari on/OFF/on menjadi on/ON/on… kalo belum, berarti pembengkokan contact plate belum tepat sudutnya, bila sudah kunci/tekuk kembali lock pada toggle switch

tada kelar dah modifikasinya

 

oh iya, toggle switch modifikasi ini bisa juga di pakai untuk switching pickup seperti toggle switch pada gitar model les paul

gampang kan? semoga memberi inspirasi bagi kita semua

Mini pedalboard

Mini  pedalboard, hanya 4 pedal andalan.. untuk main rock

Urutannya dari kanan ke kiri

microbusto <– mod core <– bass sweeper <– bass driver

.                                                        Mixer <– bass driver

yeeaahh

 

IMG_0937IMG_0930

 

IMG_1155

 

Tips Video recording untuk di sosmed

berhubung ada beberapa temen yg menanyakan tentang cara saya merekam video untuk di sosmed, dengan hasil suara latar/lingkungan yg tidak ikut terekam, berikut saya bagikan tips nya.

untuk peralatan yg saya pakai adalah bass/gitar, korg pandora mini, Irig, headphone, kabel dan tentu saja Handphone/tablet sebagai sarana video recordernya.

skemanya mengikuti gambar berikut :

IMG_0919

 

Dan juga bisa di extend dengan menggunakan pedalboard

IMG_0893

Atau ini

IMG_0863

 

Dan juga pandora mini dapat menjadi usb soundcard untuk rec via usb ke laptop/pc

IMG_0921

Sskian tips dari saya semoga bermanfaat

 

video sample dapat dilihat di IG saya @tukang_ngoprek